Our History

Sampai awal tahun 1970an, jaringan jalan, pelabuhan, irigasi, lapangan terbang, jalan kereta api, pembangkit listrik, dll masih menggunakan sisa-sisa peninggalan Belanda, yang sebagian berada dalam kondisi yang memprihatinkan karena kurangnya pemeliharaan.  Sangat terbatas pembangunan infrastruktur baru yang dilakukan, kecuali beberapa proyek tertentu yang sebagian diantaranya sering disebut sebagai proyek  'mercu suar' ataupun berlatar belakang politik yang  kental.
Pembangunan infrastruktur yang terarah, terencana, dan terprogram dengan baik dalam skala nasional barulah dimulai pada awal tahun 1970. Bersamaan dengan program pembangunan nasional inilah perusahaan konsultan engineering mulai tumbuh  sesuai dengan demand yang terus meningkat.  PT Multi Phi Beta didirikan pada tahun 1979 oleh beberapa orang tenaga ahli muda yang dengan idealisme dan semangat yang membara bertekad untuk mendirikan perusahaan konsultan profesional yang mapan. Kerja keras mereka membuahkan hasil yang menggembirakan,  yang tampak dari kepercayaan kepada perusahaan  yang terus meningkat dari  pemerintah dalam penanganan berbagai jenis pekerjaan, seperti perencanaan jalan, pemukiman transmigrasi, pengukuran & pemetaan, perkebunan, dll.
Pada medio tahun 1980an perusahaan ini mulai diberi kepercayaan untuk bekerjasama dalam bentuk asoociate dengan sejumlah perusahaan konsultan asing. Kerjasama dengan perusahaan konsultan luar negeri ini mempercepat proses pengembangan PT Multi Phi Beta karena adanya proses transfer of knowledge melalui metoda learning-by-doing dan on-the-job-training, baik yang menyangkut teknis pelaksanaan pekerjaan maupun menyangkut etos dan disiplin kerja serta manajemen proyek dan perusahaan.
Pengalaman dalam menangani sejumlah pekerjaan multi years dengan pendanaan dari World Bank, ADB, KfW, dll  yang  mencakup proyek perencanaan dan peningkatan jalan Negara dan Propinsi, perencanaan jalan dan pemukiman transmigrasi, perencanaan perkebunan kelapa sawit,  studi, monitoring dan pengendalian jalan kabupaten di seluruh Indonesia,  mampu dalam waktu yang relatif singkat menegaskan positioning  PT Multi Phi Beta sebagai konsultan planning dan engineering yang mampu memperoleh kepercayaan dari para Clientnya. Lokasi proyek-proyek perusahaan karenanya tersebar  di seluruh bagian tanah air ini dari  Aceh sampai ke Merauke. Memasuki abad ke 21 PT Multi Phi Beta lebih memfokuskan pengembangan perusahaan pada perencanaan dan pengawasan pembangunan jalan tol yang menggunakan kriteria dan standar perencanaan yang lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.